m88


Pemain Yang Diprediksi Bersinar di Gelaran Euro 2016

Pentas sepakbola terakbar bagi seluruh negara Eropa, Euro, akan digelar pada 2016 mendatang di Prancis. Sama seperti gelaran-gelaran sebelumnya, turnamen diprediksi bakal menyajikan banyak aksi menarik dan tentunya juga hasil-hasil mengejutkan.

Meski kompetisi baru akan digelar pada musim panas mendatang, pertanyaan klasik sudah mulai muncul di benak sebagian penikmat sepakbola. Siapa yang bakal paling bersinar di turnamen nanti? Mungkinkah dari lima negara debutan; Wales, Islandia, Irlandia Utara, Albania, dan Slovakia, bakal lahir bintang anyar?

Well, mungkin memang masih terlalu awal untuk memberikan jawaban atau perkiraan yang akurat mengenai hal tersebut. Namun dengan menelisik performa dan kontribusi selama babak Kualifikasi Euro digelar, akan terlihat siapa-siapa saja yang punya modal untuk unjuk gigi di negeri menara Eiffel nanti.

Salah satu sosok yang layak dijagokan adalah bintang Real Madrid, Gareth Bale. Tak terlalu bersinar di level klub dan sering jadi bulan-bulanan media Spanyol serta fans, Si Cardiff Express justru moncer di bawah besutan Chris Coleman. Tengok saja catatan impresifnya, yang dari 10 penampilan mampu membuat tujuh gol dan dua assist untuk negara kelahirannya.

Tanpa kontribusi masif pemuda berusia 26 tahun, bukan tak mungkin Wales harus bersabar lebih lama lagi untuk bermain di major tournament pertama sejak Piala Dunia 1958. Begitu besar semangat Bale untuk memberi yang terbaik bagi negaranya, hingga ia berkeras tampil melawan Andorra di laga pamungkas babak kualifikasi, meski mendapat larangan keras dari Real Madrid.

Semangat tinggi dalam memberi yang terbaik untuk timnas juga muncul dari bomber Polandia, Robert Lewandowski. Striker Bayern Munchen ini telah menunjukkan bahwa ia punya modal bagus untuk jadi salah satu bintang di Euro 2016.

Lewy datang membela Polandia di dua laga pamungkas Kualifikasi Euro 2016 pada pertengahan bulan Oktober, dengan modal 12 gol dari empat laga terakhir bersama Die Roten. Dan rupanya, pria berusia 27 tahun itu masih punya daya gempur untuk diberikan pada negaranya.

Melawan Skotlandia, ia membuat dua gol untuk memastikan pertandingan berakhir imbang 2-2. 12 Oktober atau tiga hari berselang, Lewy kembali beraksi lewat gol kemenangan ke gawang Rep. Irlandia, yang sekaligus membuat Polandia memastikan lolos ke putaran final.

Hebatnya lagi, pemain kelahiran Warsawa itu resmi ditahbiskan menjadi top skorer babak kualifikasi dengan 13 gol! Rasa-rasanya tak bakal ada protes jika juru gedor gawang satu ini dinobatkan sebagai calon pemain yang bakal bersinar di Euro 2016.

Nama lain yang rasanya juga patut diberikan apresiasi adalah Toni Kroos. Rekan Bale di Madrid ini dicatat oleh laman resmi UEFA sebagai pemain yang paling banyak melepas umpan selama gelaran babak kualifikasi, dengan total mencapai 1058. Hebatnya lagi, 1007 di antaranya tepat sasaran atau memiliki tingkat akurasi 95 persen.

Kroos sendiri memang bukan pemain yang terlalu menonjol dalam hal mencetak gol. Namun visi dan ketenangannya mampu memberikan keseimbangan di lini tengah tim manapun yang ia bela. Tak heran jika Carlo Ancelotti sempat menjulukinya sebagai 'Profesor' baru Los Blancos ketika sang manajer masih ada di Bernabeu.

Euro 2016 akan jadi panggung terbaik bagi Kroos untuk lebih mengharumkan namanya di pentas Internasional, terutama usai ia sukses tampil ciamik dan ikut membawa Der Panzer jadi juara Piala Dunia di Brasil setahun lalu.

Satu lagi sosok yang mungkin bakal tampil bagus di Euro adalah Wayne Rooney. Memang, kapten Manchester United dan Inggris ini belakangan banyak dikecam lantaran tampil tak produktif di Premier League 15/16 (dua gol dalam delapan laga), namun demikian performanya di level Internasional justru mengkilap.

Gol dari titik penalti yang ia buat ke gawang Swiss pada 8 September 2015 membuatnya melewati rekor Sir Bobby Charlton dan menjadi top skorer sepanjang masa Inggris dengan 50 gol. Total, selama bermain 8 kali babak kualifikasi Wazza sudah kali tujuh kali menggetarkan jala lawan. Dengan tambahan satu assist, tentu membuat hal ini sebagai fakta yang tak bisa dianggap remeh.

Usia juga bukan halangan bagi eks pemain muda Everton. Meski akan segera merayakan ulang tahun ke-30, Rooney menegaskan bahwa ia masih ingin memberi yang terbaik bagi Inggris dan mencatat prestasi bersama Three Lions. "Saya merasa amat baik secara fisik...Saya sudah berusia 30 tahun, namun terkait sepakbola saya merasa masih cukup muda, saya masih bisa bermain beberapa tahun lagi," tuturnya.

Inilah calon-calon bintang yang diprediksi bakal tampil impresif pada gelaran Euro mendatang. Apakah perkiraan ini akan meleset atau justru akurat? Kita nantikan saja hingga kick-off laga pembukaan dihelat di Saint Denis pada 10 Juni 2016 mendatang.
Sports m88